Gibran Resmi Diumumkan Jadi Pendamping Prabowo

JAKARTA – TEKA-teki siapa bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto akhirnya terjawab. Dalam jumpa pers di hadapan awak media Ahad (22/10/2023) malam, Prabowo mengumukan langsung cawapres yang akan menjadi pasangannya di Pilpres 2024.

Nama cawapres diumumkan setelah Prabowo menggelar rapat bersama para Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) delapan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Tampak hadir dalam jumpa pers tersebut Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Tampak pula Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Umum Partai Garda Republik Ahmad Ridha Sabana dan Ketua Umum Partai Prima Agus Jabo Priyono.

Dalam jumpa pers itu Prabowo menyebut, nama Gibran Rakabuming Raka yang akan menjadi calon wakil presiden dari dirinya. Keputusan tersebut telah disepakati secara aklamasi oleh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo di Rumah Kertanegara Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Prabowo mengatakan, keputusan itu diambil usai rapat bersama seluruh ketua umum KIM. Menurut dia, tidak ada sengketa dari keputusan tersebut karena diputuskan secara aklamasi. “Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus untuk Indonesia maju,” tegas Prabowo.

Diumumkannya nama Gibran sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) tampaknya menjawab rasa penasaran sejumlah kalangan. Khususnya pasca Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan keputusan mengenai batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Putra sulung Presiden Joko Widodo yang saat ini baru berusia 36 tahun itu memang telah digadang-gadang bakal menjadi tokoh kejutan dalam konstelasi perpolitikan tanah air. Pasalnya, Gibran dikenal sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Naiknya dia menjadi Wali Kota Solo juga karena didukung PDIP.

Gibran sendiri beberapa hari sebelumnya telah ditetapkan Partai Golkar menjadi cawapres yang akan diusung partai beringin itu. Dia menerima keputusan Rapimnas Golkar yang mengusulkannya menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Gibran mengatakan, akan segera koordinasi dan tindaklanjuti keputusan Rapimnas Golkar tersebut dengan Prabowo. “Saya sangat apresiasi keputusan Rapimnas untuk selanjutnya akan kami koordinasikan akan kami tindaklanjuti dengan Pak Prabowo,” ujar Gibran di kantor DPP Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah menyerahkan surat rekomendasi hasil Rapimnas kepada Gibran. Surat itu merupakan deklarasi dukungan Golkar terhadap pasangan Prabowo-Gibran. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar,” kata putra sulung Presiden Joko Widodo itu. (*)

Penulis : Suryono | Editor : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *