Puji Setyowati : Santri Aset Berharga Bagi Kemajuan Bangsa

PARLEMENTARIA KALTIM – MENYAMBUT Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023, Wakil Ketua Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati menyampaikan ucapan selamat.

“Selamat Hari Santri Nasional tahun 2023,” katanya seraya berharap santri ke depan dapat menjadi calon pemimpin bangsa Indonesia yang dapat mengayomi masyarakat.

Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015. Ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional berdasarkan tali sejarah diserukannya Resolusi Jihad yang dicetuskan KH Hasyim Ashari pada tanggal 22 Oktober 1945. Hal itu menjadi bukti peran nyata santri untuk perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah penyemanggat bagi kita bahwa kesantunan dan isttqomah dalam menjalankan syariat akan memberikan dampak positif terhadap demokrasi dan akan menemukan pemimpin yang bisa mengayomi seluruh bangsa Indonesia,” kata politisi dari Partai Demokrat ini kepada beritaborneo.com, Ahad (22/10/2023).

Puji mengatakan, santri adalah sumber daya manusia (SDM) yang berasal dari pondok pesantren dengan memiliki ciri kekhasan yakni insan yang beriman dengan dilandaskan ilmu agama, serta menjadi aset pemimpin Kaltim.

“Santri sebagai sumber daya manusia yang berakhlak mulia, beriman, berbudi pekerti yang luhur dan berjiwa insani merupakan aset bangsa yang berharga bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya Kaltim dan kabupaten/kota,” ujar anggota dewan dari daerah pemilihan Samarinda ini.

Puji Setyowati juga mengatakan, Hari Santri Nasional tahun ini sangat istimewa karena bertepatan dengan bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi. Di mana sering disebut tahun politik yang menyebabkan suhu politik menjadi meningkat.

Meski demikian, dia berharap peran para santri dapat menjadi penjaga terdepan dalam menjaga persatuan bangsa dengan berbekal ilmu agama yang diperoleh dari pondok pesantren.

“Ini Hari Santri yang membahagiakan bagi kita, di saat bangsa Indonesia mendekati pesta demokrasi,” tutup wakil rakyat yang juga duduk di posisi anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim ini.

Peringatan Hari Santri tahun 2023 secara nasional dipusatkan di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (22/10/2023), dengan Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi kiprah santri yang menjadi pilar kekuatan bangsa sejak zaman perjuangan kemerdekaan hingga saat ini.

“Santri pilar kekuatan bangsa, pondasi kekokohan bangsa, sudah terbukti sejak zaman perjuangan,” kata Jokowi dalam amanatnya. Tahun ini peringatan Hari Santri Nasional mengambil tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri”. (*adv)

Penulis : Putri Aulia Maharani | Editor : Sulaiman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *