Kades Segaran Budi Utomo, Kukuhkan Pengurus Pokdarwis

POKDARWIS : Kepala Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Selasa (9/7/2024).(Foto : Istimewa)

PROBOLINGGO, Prudensi.com-Peran dari Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) adalah sebagai penggerak sadar wisata dan Sapta Pesona di lingkungan daerah wisata, untuk meningkatkan pemahaman kepariwisataan meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan pariwisata dan mensukseskan pembangunan pariwisata di Desa Wisata Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo

Kepala Desa Segaran Budi Utomo, SE berharap kepada pengurus Pokdarwis yang sudah mendapatkan SK Pokdarwis dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo, untuk berperan Aktif dalam bersama sama masyarakat menyadarkan potensi wisata di Desa Wisata Segaran.

Selain Ranu Segaran dan air Panas Segaran sebagai icon Desa wisata, ada juga wisata seni dan budaya serta Eduwisata Peternakan Kambing serta Wisata Buah (duren dan alpukat serta kopi) .

Budi Utomo, selaku Kepala Desa siap mendukung, setiap kegiatan yang berpihak kepada masyarakat , karena Pokdarwis harus melibatkan peran aktif seluruh masyarakat agar benar benar tercipta desa wisata.

Bahkan Kepala Desa muda ini sudah mengagendakan Festival Segaran setiap tahun dengan Topik utama Larung Sesaji Ranu Segaran, tujuannya untuk ucap syukur kepada Allah Tuhan semesta alam serta doa selamat untuk desa Segaran (Kadisah) .

Kepala Desa Segaran Budi Utomo sekaligus sebagai pelindung Pokdarwis Ranu Segaran, dalam pemaparan nya menyampaikan, “mulai dulu memang ada niatan untuk mengembangkan potensi yang ada di desa saya, cuman beberapa tahun ini belum bisa memberikan kontribusi penuh, karena semua keputusan, semua kebijakan bukan dari kami,’’ujar Budi Utomo, disela-sela pengukuhan Pokdarwis, Selasa (9/7/2024).

“Jadi kami masih berjalan seok untuk mengembangkan parawisata yang ada di desa kami. Dan mudah mudahan diberi amanah oleh Allah untuk mengembangkan wisata yang ada di desa kami,’’beber Budi Utomo lagi.

Harapan kami, dari forum Pokdarwis tingkat kabupaten, yang kebetulan beliau putra daerah di Kecamatan Tiris. Alhamdulillah, beliau mulai dulu yang ingin mengembangkan potensi wisata yang ada di kecamatan Tiris.

Dulu memang banyak perbedaan, bertentangan dari pada para pengelola wisata di desa Segaran dan desa desa lain. Dan ini langkah awal untuk bisa bekerja sama, memperbaiki hal-hal yang membuat perkembangan wisata di wilayah Kecamatan Tiris itu bisa berkembang.

“Jadi kedepan kita kesampingkan ego, untuk mengembangkan potensi yang ada di desa masing masing,’’ucap beliau.

Ketua Pokdarwis yang dikukuhkan Bagong Gunaji dalam sambutannya menyampaikan, “Alhamdulillah di desa kami mendapatkan anugrah dari Allah SWT yaitu Ranu Segaran, ini merupakan tambang emas bagi masyarakat Segaran khususnya. Dari pada bikin tempat obyek wisata, bayangkan berapa triliun untuk mengalokasikan dana.

Menurut Bagong Gunaji Desa Segaran sudah ada obyek wisata, sudah punya potensi, siapa lagi yang mau mengembangkan kalau bukan kita sebagai masyarakat, apalagi sekarang sudah di bentuk Pokdarwis

Dalam kesempatan ini hadir juga Ketua Forkom Porkdarwis Kabupaten Probolinggo , Agus Subiyanto , Ketua Pokdarwis Desa Wisata Bermi Abdul Hanan , Perangkat Desa dan BPD Desa Segaran serta Mahassiwa dan Mahasiswi KKN UIN Sunan Ampel Surabaya memberikan pelatihan Management Operasional Pemasaran untuk Porkdarwis Ranu Segaran yang baru dikukuhkan.(rac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *