3 Hari Tenggelam di Pantai Kapitol, Tim SAR Gabungan Sukabumi Berhasil Temukan Jazad Korban

SUKABUMI – Tim SAR gabungan akhirnya menemukan korban yang tenggelam akibat terseret arus di Pantai Kapitol, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Sabtu,  kemarin Korban bernama Rizal Siswandi (28) ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Senin (15/7/2024) sekitar pukul 10.40 WIB yang dikutip radarjabar, berjarak kurang lebih 3 mil laut (NM) dari lokasi kejadian.

Tim SAR gabungan menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia dan terapung di atas perairan.

“Kami bersama unsur SAR gabungan menemukan korban pada siang ini dan kemudian jenazah kami evakuasi menuju rumah sakit Palabuhanratu untuk selanjutnya kami serahkan kepada pihak keluarga,” tegas Suryo Adianto, Koordinator Pos SAR Sukabumi. Senin, (15/7/2024).

Suryo juga menjelaskan bahwa upaya pencarian pada hari ketiga ini dilakukan oleh unsur SAR gabungan dengan membagi menjadi tiga area pencarian, dimana tim pertama melakukan penyisiran lautan dengan luas area sekitar 9 Nautical Mile di sekitar lokasi kejadian. Kemudian tim kedua, kata Suryo melakukan pencarian dengan menggunakan drone hingga radius 200 meter dari lokasi kejadian. Tim ketiga melakukan pengamatan visual melalui jalur darat dengan menyisir pinggiran pantai hingga radius 5 km dari lokasi kejadian.

“Puluhan personel SAR gabungan dikerahkan dalam pencarian terhadap korban, di antaranya terdiri dari Pos SAR Sukabumi, PolAir Polres Sukabumi, Polsek Cisolok, CBP Rescue, RAPI Lokal, Sehati, Saka SAR Kabupaten Sukabumi, CHADIM, IEA Sukabumi, Perangkat Desa Karangpapak, dan masyarakat,” jelasnya.

Masih kata Suryo, sebelumnya, korban Rizal Siswandi (28), diketahui tenggelam setelah terseret arus saat berusaha menyelamatkan temannya yang terseret ombak pada Sabtu  sekitar pukul 10.00 WIB di Pantai Kapitol, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Namun saat itu kondisi ombak dengan gelombang air laut cukup tinggi membuat korban hilang tenggelam, dan saat ini merupakan hari ketiga jasadnya telah ditemukan oleh tim Sar gabungan dalam keadaan meninggal dunia. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *