Sandiaga Uno Hadiri Tanjungpinang Fest 2024, Targetkan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

TANJUNGPINANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno resmi membuka Tanjungpinang Fest 2024, di Jalan Merdeka, Minggu (4/8/2024) malam.

Sandiaga optimis, bahwa Tanjungpinang Fest yang digelar mulai dari 4 Agustus hingga 11 Agustus 2024 ini, mampu memikat wisatawan yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang.

“Semoga event ini, bisa berkontribusi dalam target 3 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Provinsi Kepri pada tahun ini,” kata Sandiaga saat membuka Tanjungpinang Fest.

Sandiaga juga mengucapkan selamat, karena Tanjungpinang Fest telah terpilih menjadi salah satu event terbaik yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf 2024.

“Event ini memadukan konten dan narasi menarik, serta menampilkan kesenian dan budaya khas Melayu, hingga peluang ekonomi kreatif,” ujarnya.

Ia menyampaikan, jajarannya akan terus melakukan terobosan, dalam menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami mengajak semua elemen agar terus berinovasi, berkolaborasi agar Kepri jadi provinsi terdepan, khususnya untuk urusan pariwisata,” terangnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Provinsi Kepri, mengapresiasi Menparekraf Sandiaga Uno karena sudah merestui Tanjungpinang Fest masuk ke dalam KEN tahun 2024.

Ia menyebut, kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Republik Indonesia, dan merupakan kegiatan yang sudah digelar ketiga kalinya di Tanjungpinang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pak menteri, karena sudah bersedia hadir, mudah-mudah bisa membawa semangat baru untuk sektor pariwisata maupun peningkatan sektor ekonomi,” tuturnya yang dikutip hariankepri.com.

Menurutnya, kegiatan yang digelar ini salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisman, serta bisa menjadikan Provinsi Kepri tidak hanya masuk dalam tiga besar destinasi kunjungan wisman terbesar di Indonesia.

“Tapi ke depan diharapkan bisa menjadi provinsi kedua kunjungan terbesar setelah Bali,” harapnya.

Untuk merealisasikan harapan tersebut, orang nomor satu di Pemprov Kepri itu mengaku, pada APBD tahun 2025 sudah menyiapkan anggaran dan sejumlah agenda besar di Tanjungpinang terutama tentang budaya dan pariwisata.

Di penghujung acara, Sandiaga Uno juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, karena Kota Tanjungpinang menjadi salah satu kota yang terpilih masuk dalam KEN 2024.

Setelah itu, Sandiaga Uno juga meresmikan bazar UMKM yang menjual berbagai produk ekonomi kreatif yang berada di sepanjang Jalan Teuku Umar. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *