Si Jago Merah Mengamuk di Kecamatan Waru, 1 Toko Bangunan dan Pick Up Hangus

SIDOARJO – Kebakaran hebat melanda toko bangunan milik Alfin di RT 1/RW 7, Desa Wadung Asri, Kecamatan Waru, Selasa (6/8/2024) dini hari. Tak hanya seluruh bahan bangunan, api juga melalap satu mobil pikap.

Insiden mengamuknya si jago merah tersebut terjadi sekitar pukul 00.25. Berdasar pantauan Radar Sidoarjo, api telah menghanguskan seluruh material yang ada di dalam toko, seperti cat, tinner, dan bahan bangunan lainnya.

“Tiba-tiba ada kepulan asap putih yang berasal dari belakang toko bangunan,” kata warga setempat, Khoirul.

Dia menjelaskan, tidak selang lama, kobaran api malah membumbung tinggi dari dalam toko. Beruntungnya, saat toko bangunan terbakar, tidak ada aktivitas pekerja di toko atau dalam kondisi tutup.

“Saya langsung menuju ke kantor damkar Pos Waru yang berada di Tropodo,” ungkapnya.

Merespon adanya kebakaran tersebut, warga sekitar bergotong royong memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api tak kunjung padam dan semakin membesar. Beruntungnya, api tidak menjalar ke bangunan yang lain. Dengan sigap, damkar bergegas menuju ke lokasi. Petugas langsung mempersiapkan peralatan untuk memadamkan api.

Komandan Pelton (Danton) Damkar Pos Waru Sutoyo menyebut, toko bangunan di Wadung Asri, Waru terbakar. Usai mendapat laporan, pihaknya merespon dengan cepat dan menuju ke lokasi.

“Seluruh bahan bangunan hangus terbakar. Seperti cat, tinner dan lainnya,” ungkap Sutoyo.

Selain itu, satu mobil pikap yang berada di dalam toko bangunan juga ludes terbakar. Karena objek terbakar merupakan material yang mudah terbakar, petugas menerjunkan sebanyak enam mobil damkar untuk memadamkan api.

“Dari Pos Waru dua unit, Pos Buduran dua unit, Pos Kota satu unit dan Pos Candi satu unit,” tambahnya.

Petugas damkar langsung menyemprotkan air ke arah objek terbakar. Menurut Sutoyo, api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.00. Namun, masih ada titik-titik api yang masih menyala dan dilanjutkan dengan pembasahan.Sementara itu, Panit Reskrim Polsek Waru Iptu Agus Siswanto mengatakan, penyebab kebakaran dan kerugian masih dalam penyelidikan.

“Masih dalam lidik,” tandasnya. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *