Basuki Pastikan Infrastruktur dan Furnitur Siap untuk Sidang Kabinet di IKN

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono memastikan fasilitas di IKN telah siap untuk menggelar Sidang Kabinet Paripurna, pada Senin (12/8/2024) pekan depan.

Basuki menyebut, ruang sidang kabinet yang berada di Istana Garuda saat ini telah dilengkapi oleh listrik, air, dan juga pendingin ruangan alias air conditioner (AC. Untuk diketahui, Istana Garuda IKN merupakan sebuah bangunan ikonik yang dirancang untuk menjadi kantor presiden di IKN.

“Untuk Istana Garuda sudah siap, ruangan untuk sidang kabinet sudah siap, listrik, air, air conditioner (AC) sudah siap, termasuk ruang tidur beliau (Presiden Jokowi) mudah-mudahan nanti jadi nyenyak,” ujar Basuki Hadimuljono di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2025).

Tak hanya Istana Garuda, Basuki juga memastikan bahwa Istana Negara IKN hampir sepenuhnya dilengkapi oleh perabot alias furniture. Di mana perabotan itu, memang datang secara bertahap ke IKN.

Basuki juga menyebut, guna memastikan perkembangan terbaru soal kesiapan prasarana jelang Sidang Kabinet Paripurna hingga upacara 17 Agustus di IKN, dirinya baru akan kembali mengecek dan berkunjung ke IKN, pada Sabtu (10/8/2024) besok.

“Istana Negara IKN juga sudah siap, hanya beberapa furnitur yang baru datang akan dipasang. Tanggal 10 Agustus, saya ke sana (IKN),” jelasnya yang dikutip JawaPos.

Lebih lanjut, Basuki menambahkan proses pembangunan perumahan menteri juga telah rampung, meskipun untuk sementara beberapa menteri akan tinggal di Hotel Nusantara.

“Jadi transportasi, prasarana, saya yang bertanggung jawab. Sarananya beliau (Setya Utama) kan. Prasarananya sudah disiapkan. Jalur-jalur untuk bus dan sebagainya sudah kita siapkan. Insyaallah sudah siap,” pungkas Basuki. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *