Khidmat, Pemerintah Kecamatan Gading Sukses Gelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79

UPACARA : Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Kecamatan Gading sedang mengibarkan bendera merah putih, bertindak selaku inspektur upacara Camat Gading MA. Satrio Sinung Raharjo, Sabtu (17/8/2024). (Foto : Joko)

PROBOLINGGO, PRUDENSI.COM– Dalam rangka memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun 2024, Pemerintah Kecamatan Gading  mengadakan Upacara Bendera Merah Putih yang adakan di Lapangan Desa Wangkal pada Sabtu, (17/08/2024).

Pada upacara Detik-Detik HUT RI ke-79 ini, Camat Gading, Drs. MA. Satrio Sinung Raharjo, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu, Komandan Upacara dipercayakan kepada Serka Sutrisno, sementara perwira upacara yakni Serma Didi Syaifuddin (BATI TUUD) dari Koramil 23 Gading.

Upacara ini juga dihadiri oleh Kapolsek Gading, Danramil 23 Gading, beserta anggota Polsek dan Danramil. Kepala Sekolah serta siswa-siswi SLTA/Madrasah Aliyah, serta Kepala Desa dan  se-Kecamatan Gading. Tidak ketinggalan hadir pula tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, serta berbagai unsur masyarakat lainnya.

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) diberi kepercayaan penuh untuk mengibarkan bendera merah putih dan mereka sangat gagah serta punya rasa tanggung jawab.

Setelah upacara selesai, Camat Gading MA. Satrio Sinung Raharjo menyampaikan bahwa peringatan HUT RI ke-79 ini merupakan momen penting untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Beliau juga mengajak seluruh masyarakat Gading untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Upacara ini bukan sekadar seremonial, tetapi sebuah refleksi dan penghormatan atas jasa para pahlawan. Mari kita jaga dan isi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif yang dapat memajukan Kecamatan Gading dan Indonesia pada umumnya,” ujar Camat MA. Satrio Sinung Raharjo dalam sambutannya.

Siapapun orangtuanya dan siapapun gurunya di sekolah sangat bangga mempunyai anak seperti mereka yang saat ini diberi amanah menjadi pasukan Paskibra yang bisa mengemban amanah yang diberikannya, Mereka betul betul di latih dengan serius oleh Serda Febri Agustinos Hermawan dari Koramil 23 Gading.

Sebelum dan sesudah upacara di mulai dihibur oleh tarian seni dan pencak silat dari siswa siswi SDN/MI Kecamatan Gading dengan mengambil tema Nusantara Baru Indonesia Maju Kecamatan Gading Kabupaten Probollinggo. Upacara yang berlangsung dengan tertib dan penuh khidmat ini diakhiri dengan doa bersama.(Joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *