Ria Norsan Punya Kans Sebagai Gubernur Kalbar, Sosok Pekerja Keras

PEKERJA KERAS : Drs. H. Ria Norsan, MH punya kans pimpin Kalbar pada Pilgub 2024. (Foto : Pribadi)

PONTIANAK, PRUDENSI.COM-Siapa yang tak kenal Ria Norsan, bagi masyarakat Kalimantan Barat sosok ini sudah tidak asing ditelinga. Bupati dua periode Kabupaten Mempawah dan wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023.

Dan kini menjajal bertarung di Pilkada tahun 2024 berpasangan dengan Krisantus Kurniawan seorang politikus kawakan mantan anggota DPR RI.

Namun siapa sangka dibalik kesuksesan yang ia capai saat ini, ada pengalaman menarik yang menginspirasi anak muda khususnya.

Sejak Sekolah Dasar, Ria Norsan kecil dididik menjadi seorang yang mandiri dan pekerja keras. Diantaranya menjadi penjual es lilin. Es lilin itu dijajakannya disela-sela bersekolah.

Ria Norsan yang lahir di Singkawang, dibesarkan dalam lingkungan yang sederhana. Ayahnya seorang anggota ABRI dan Ibunda dirumah sebagai Ibu Rumah Tangga menjadikannya sosok pantang menyerah.

Tak hanya itu, Ria Norsan juga menjual es krim jenis roti yang populer diera dulu dengan rasa yang manis dan khas.

Setelah pulang sekolah, Ria Norsan kembali berdagang pisang goreng yang kemudian dijajakannya berkeliling.

“Saya dibesarkan dari keluarga yang memang pas-pasaan, bapak saya ABRI pangkatnya Kopral, sedangkan ibu saya anggota DPR, kalau dulu itu DPR kalau dulu itu disebut di dapur saja,” kata Ria Norsan sambil berseloroh memulai cerita.

“Jadi dengan kondisi seperti itu, ekonomi kitakan pas-pasan, ibu saya memang ada keturunan Tionghoa dengan itu dia mendidik anaknya agak sedikit keras dan bagaimana agar kita mandiri,” tambahnya.

“Jadi kami sekolah tidak ada bawa buku saja, saya jualan disekolah, Kakak saya membawa permen tarik, saya bawa es, es kampel dan es roti, jadi kalau istirahat saya duduk jualan, sedangkan adik saya menjual kerupuk,” ungkap Ria Norsan sambil tampak mengenang masa-masa kecilnya.

“Saat es habis, pulangnya saya jual goreng pisang, dan saya apapun bisa jadikan uang. Kalau bulan puasakan tidak bisa jualan, jadi saya buat lotre dari gambar yang cabut gambar ada nomor didalamnya, yang hadiahnya air limun misalnya,” timpalnya.

Didikan orang tua menjadi sosok yang mandiri dan pekerja keras kemudian menjadikannya seperti sekarang dikenal sebagai pengusaha dan politisi Kalbar yang sukses.

“Tidak ada rasa malu, karena memang suka berjualan, karena mendapat duitkan, duitnya saya tabung, kami memang diajarkan mama untuk mandiri dalam ekonomi, sehingga sampai besar pun saya jadi pengusaha,” katanya.

Tak hanya itu, ketika semua aktivitas berjualan dan sekolah tuntas, malam hari Ria Norsan berubah jadi kuli angkat, ia membantu orang mengangkat air.

“Kalau malam itu dah mikul air, isikan drum orang, dari bawah memang, jadi kalau dah seperti sekarang saya tidak heran,” tuturnya.

Tumbuh dari pengalaman yang penuh perjuangan menjadikannya tetap rendah hati dan tidak sombong. Ria Norsan pun dikenal sebagai sosok yang dermawan dan ramah.

Pada Pilkada 2024 ini Ria Norsan berpasangan dengan Krisantus Kurniawan Anggota DPR dari Dapil Kalbar 2.

Santun dan NKRI menjadi jargon yang diusung dan diperkenalkan Ria Norsan-Krisantus Kurniawan yang menjadi representatif Kalbar yang beragam dan majemuk.(rac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *