Warga Serang Tangkap Pelaku Percobaan Pencurian Kotak Amal di Masjid

SERANG – Warga Kampung Kubang Waru, Desa Silebu, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, menangkap pelaku percobaan pencurian kotak amal masjid, Rabu malam, 18 September 2024. Pelaku ditangkap usai dipergoki warga.

Kapolsek Kragilan, Kompol Firman Hamid mengatakan, pelaku berinisial AD (24). Ia merupakan warga Desa Cisait, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.

“Pelaku ini dipergoki warga mengambil kotak amal di Masjid Baitu Solihin, Kampung Kubang Waru, Desa Silebu, Kecamatan Kragilan,” ujarnya yang dikutip radarbanten, Kamis, 19 September 2024.

Firman menjelaskan, sebelum ditangkap, pelaku mendatangi lokasi dengan mengendarai sepeda motor. Saaf berada di lokasi kejadian, pelaku tampak mondar mandir, sehingga mengundang kecurigaan oleh dua orang warga sekitar.

“Pelaku datang menggunakan motor yang diparkir di halaman masjid. Yang membuat warga curiga, usai memarkirkan motor, pelaku ini mondar mandir seperti memantau situasi,” katanya.

Merasa aman, pelaku mengangkat kotak amal yang ada di pintu masuk dan kemudian membawanya ke dalam masjid. Ketika berada dalam mesjid, pelaku berusaha menjebol gembok, namun tidak berhasil.

“Karena gembok tidak dapat dibuka, pelaku kemudian pergi keluar untuk mengambil palu yang telah disiapkan dalam bagasi motor,” ungkap mantan Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Banten ini.

Ketika pelaku mengambil palu, warga yang sedari awal sudah mengintai mendatangi mendekat dan menegurnya. Namun, ketika ditegur, pelaku berkelit ketika disebut akan mencuri uang dalam kotak amal.

“Dia (pelaku-pelaku) berkelit disebut akan mencuri sehingga terjadi perdebatan hingga mengundang warga lainnya berdatangan,” kata Firman.

Lantaran pelaku berkelit, warga kemudian membawa masuk ke dalam masjid. Begitu ditunjukkan kondisi gembok kotak amal yang rusak, pelaku akhirnya mengakui akan mencuri uang yang ada dalam kotak amal.

“Setelah mengakui akan mencuri uang, pelaku selanjutnya dibawa keluar masjid,” ujar Firman.

Di luar mesjid, warga menghajar pelaku hingga babak belur. Pelaku yang sudah tidak berdaya dilaporkan ke Polsek Kragilan.

“Saat ini sudah diamankan dan dilakukan pemeriksaan (terhadap pelaku),” tutur Firman. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *