Pilkada Dharmasraya 2024 Hanya Satu Calon, KPU Tegaskan Kotak Kosong Tak Bisa Kampanye

PADANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Surya Efitrimen memastikan tidak ada kampanye kotak kosong pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Dharmasraya. Diketahui, Pilkada Dharmasraya hanya diikuti satu pasangan calon dan akan berhadapan dengan kotak kosong.

“Tidak ada (kampanye kotak kosong) karena dalam aturan yang berkampanye itu yang ada calonnya,” kata Surya Efitrimen yang dikutip koranpadang, Rabu (25/9/2024).

Ia menjelaskan, kampanye hanya dilakukan bagi peserta yang telah ditetapkan sebagai peserta pilkada. KPU Dharmasraya telah menetapkan pasangan Annisa Suci Ramadhani dan Leliarni sebagai calon tunggal bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024.

Pasangan ini mendapat nomor urut 2 pada saat pengundian nomor urut yang dilakukan KPU setempat. Sebelumnya, Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menyatakan tidak akan memfasilitasi kampanye kotak kosong pada Pilkada Serentak 2024.

KPU hanya akan memfasilitasi pasangan calon kepala daerah yang mendaftar dan memenuhi syarat untuk maju pada Pilkada 2024. ia menegaskan, hanya pasangan calon yang telah ditetapkan yang dapat melakukan kampanye. Sementara kotak kosong hanya disertakan dalam proses pengundian nomor urut. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *