Rasman Rading: 595 Pesilat Bersiap Berkompetisi di Piala Gubernur 2024

SAMARINDA, Prudensi.com – Kejuaraan Pencak Silat Piala Gubernur 2024 resmi dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Hari Kusuma, di Gedung Pencak Silat, kawasan Polder Air Hitam, Jalan AW. Syahranie, Kecamatan Samarinda Ulu, Rabu (25/09/2024).

Turnamen yang berlangsung hingga 29 September 2024 itu diikuti 595 atlet pencak silat berasal dari berbagai daerah di Kaltim.

Ditemui media ini, Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Rasman Rading menjelaskan, kegiatan tersebut memiliki dua kategori utama, yakni Kejuaraan Pencak Silat untuk pelajar tingkat SMA/SMK/MA yang bertujuan untuk mengembangkan talenta pesilat muda di Provinsi Kaltim.

Sementara kategori lainnya adalah Kejuaraan Provinsi yang merupakan bagian dari seleksi untuk mengikuti Pra-Pekan Olahraga Nasional (Popnas) Wilayah IV, yang akan diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Kejuaraan ini, bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk menciptakan generasi pesilat yang berprestasi,” kata Rasman.

Dia mengatakan, melalui kejuaraan itu diharapkan dapat menarik lebih banyak perhatian terhadap pencak silat, sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia. Sekaligus meningkatkan minat generasi muda untuk berlatih olahraga tradisional.

Rasman mengungkapkan, dari total 595 peserta yang terdaftar, sebanyak 190 atlet berkompetisi dalam Kejuaraan Provinsi, sedangkan 405 atlet lainnya bersaing di kejuaraan tingkat pelajar.

Keberagaman peserta tersebut, menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap pencak silat, dan panitia berharap bahwa kejuaraan itu dapat melahirkan pesilat-pesilat berbakat yang siap berkompetisi di tingkat nasional.

Dengan dukungan dari pemerintah daerah dan berbagai sponsor, kejuaraan tersebut diharapkan dapat berjalan lancar dan menjadi salah satu agenda tahunan, yang memperkuat posisi pencak silat di Kaltim.

Rasman juga mengajak masyarakat, untuk datang dan menyaksikan pertandingan, sebagai bentuk dukungan kepada para atlet yang berjuang untuk mengharumkan nama daerah. (ADV)

Penulis: Andi Isnar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *