Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Temef dengan Anggaran Fantastis Rp 2,7 Triliun

NUSA TENGGARA TIMUR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Temef, di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (2/10/2024).

Bendungan ini dibangun dengan nilai anggaran mencapai Rp 2,7 triliun.

“Bendungan Temef ini dibangun sejak tahun 2017, artinya sudah 7 tahun bendungan ini dibangun karena memang bendungan ini sangat besar,” kata Jokowi dalam sambutannya yang dikutip CNBCIndonesia.

Ia mengatakan bendungan ini memiliki luas genangan 298 hektare, yang bisa menampung air sebanyak 45 juta meter kubik. Selain untuk mengairi sawah hingga 4.500 haktare, bendungan ini diharapkan juga bisa mereduksi banjir di kawasan.

“Sangat besar sekali, yg akan sangat bermanfaat bagi petani untuk menanam padi, jagung, ketela, dan lain lain nya dan juga bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan di Kabupaten Malaka,” katanya.

Adapun eks Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan bendungan mengatakan pada musim penghujan tahun ini kemungkinan bendungan ini baru terusi 20%. Nantinya akan terisi penuh pada Januari 2025 mendatang.

Jokowi mengatakan kebutuhan Air di NTT sangat vital dan menjadi kunci kemakmuran. Sehingga pemerintahan membangun 4 bendungan dalam 10 tahun terakhir di NTT seperti Bendungan Rotiklot, Bendungan Raknamo, Bendungan Napun Gete, Bendungan Temef. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *