Karier Politik Moncer, Hj. Sumarmi Rasit Sosok Perempuan Inspiratif

SOSOK INSPIRATIF : Hj. Sumarmi Rasit, S.E dalam suatu kegiatan di acara partai NasDem, kini menduduki wakil ketua 3 DPRD Kabupaten Probolinggo jadi sosok inspiratif kaum perempuan. (Foto : Istimewa)

PROBOLINGGO, PRUDENSI.COM-Memiliki karier politik moncer, Hj. Sumarmi Rasit, S.E. adalah salah satu politisi perempuan yang sukses di Kabupaten Probolinggo. Tiga periode terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, saat ini Sumarmi menjabat sebagai Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2024-2029.

Dalam karier politiknya, Sumarmi menunjukkan dedikasi luar biasa pada masyarakat. Hal itu mengukuhkan dirinya sebagai figur penting di DPRD.

Terutama karena ia merupakan satu-satunya perempuan yang menduduki kursi pimpinan di DPRD Kabupaten Probolinggo.

Sumarmi sendiri terjun ke dunia politik karena dorongan suaminya, H. Abd Rasit. Pada 2009, Rasit mendapat tawaran bergabung di dua parpol. Yaitu, Golkar dan PKB.

“Tapi akhirnya saya yang diminta oleh suami untuk mengikuti pencalonan DPRD Kabupaten Probolinggo melalui Partai Golkar di periode 2009-2014,” ungkapnya.

Sumarmi pun terpilih menjadi anggota DPRD dan mulai menjalani perannya sebagai wakil rakyat dengan penuh tanggung jawab.

Pada periode 2014-2019, Sumarmi kembali  terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Namun, dia berangkat dari Partai NasDem. Dia pun kembali terpilih di periode 2024-2029 juga dari Partai NasDem.

Sebagai wakil rakyat, Sumarmi dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. Anak yatim dan kaum duafa. Ia terbiasa berbagi dalam momen-momen penting seperti bulan Sura, Maulid Nabi, dan Ramadan.

Namun, komitmen sosialnya tidak hanya terlihat dalam momen-momen tersebut. Lewat reses, Sumarmi selalu turun ke masyarakat dan menampung aspirasi mereka.

Terutama dalam hal pembangunan infrastruktur, seperti plengsengan, pengaspalan jalan, paving, perbaikan masjid, rumah tidak layak huni (RTLH), hingga penerangan listrik di daerah-daerah yang membutuhkan.

Sebagai satu-satunya perempuan di kursi pimpinan DPRD, Sumarmi berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan penuh integritas dan amanah.

Ia juga berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung perjalanan politiknya. Termasuk masyarakat, tokoh agama, serta jajaran Partai NasDem, baik di tingkat daerah maupun pusat.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua lapisan masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, yang telah mendukung saya dan juga terima kasih kepada Fraksi NasDem dari Dapil I-VII serta jajaran pengurus DPD, DPW, dan DPP Partai NasDem,” ucapnya dengan tulus.

Ia menekankan pentingnya pengawasan terhadap pelaksanaan program pemerintah agar tepat sasaran dan menyentuh masyarakat secara langsung.

Dengan begitu, ia yakin bahwa perannya tidak hanya akan membawa dampak bagi partainya. Tetapi juga bagi kemajuan Kabupaten Probolinggo.

Di tengah dominasi laki-laki dalam politik, Sumarmi membuktikan bahwa perempuan juga bisa berperan aktif dan sukses dalam dunia ini.

Dia pun menjadi salah satu perempuan inspiratif bagi banyak perempuan di Kabupaten Probolinggo dan sekitarnya. (rac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *