Nusantara TNI Fun Run 2024 Dibuka oleh Presiden Jokowi, Meriahkan HUT Ke-79 TNI

NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) resmi menyelenggarakan acara Nusantara TNI Fun Run yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Minggu (6/10/2024).

Acara ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang bertujuan untuk memperkuat semangat kebersamaan, kesehatan, dan patriotisme di tengah masyarakat.

“Dengan mengucap _bismillahirrahmanirrahim_, saya resmi membuka Nusantara TNI Fun Run 2024,” ucap Joko Widodo dalam membuka Nusantara TNI Fun Run 2024.

Agenda _fun run_ ini diikuti oleh 3182 peserta yang berasal dari sekitar Nusantara seperti Penajam Paser Utara, Balikpapan, dan Samarinda serta dari berbagai wilayah Indonesia. Nusantara TNI Fun Run Acara dimulai pukul 06.00 WITA di depan Istana Negara. Para peserta akan berlari sejauh 5 kilometer dengan rute lari yang mengelilingi beberapa _landmark_ Nusantara seperti Jalan Grande, Kantor Kemenko, Plaza Seremoni, Rumah Sakit Kemenkes dan Taman Kusuma Bangsa.

Plt Kepala Otorita IKN, M. Basuki Hadimuljono menyebut acara seperti ini meningkatkan eksosistem kesehatan dan kebugaran di Nusantara, yang sesuai dengan visi Nusantara sebagai _livable and lovable city_.

“Nusantara TNI Fun Run merupakan upaya peningkatan _sport tourism_ di Nusantara sekaligus merayakan HUT Ke-79 TNI. Hal ini akan selalu kita galakkan untuk menghidupkan Nusantara dengan kegiatan yang diikuti oleh masyarakat disekitar Nusantara,” ujar Basuki.

Fun Run ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-79 TNI. Selain sebagai ajang olahraga, acara ini juga menjadi wujud dukungan masyarakat terhadap TNI yang telah berkontribusi besar dalam menjaga stabilitas dan kedaulatan bangsa.

Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantouw menyampaikan, “Kami sangat bangga menjadi tuan rumah bagi Nusantara TNI Fun Run. Ini bukan hanya sekadar acara olahraga, tetapi momen untuk memperkenalkan wajah Ibu Kota Nusantara kepada publik sekaligus membangun hubungan yang erat antara masyarakat dan pemerintah.”

Selain acara lari, pengunjung dan peserta dapat menikmati hiburan musik dengan penampilan dari Nella Kharisma & Black Forest Band. 30 _booth_ Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga hadir dengan berbagai produk dan makanan Nusantara, memberikan kesempatan bagi peserta untuk mencicipi kuliner lokal dan mendukung produk lokal.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengemukakan bahwa, acara ini juga sebagai upaya untuk mendorong penerapan gaya hidup sehat di masyarakat.

“Nusantara TNI Fun Run merupakan event pertama di Nusantara yg melibatkan masyarakat luas dan kami bersyukur dapat menjadi bagian dari pelopor dalam mendukung pengembangan IKN, yang saat ini pembangunannya semakin menunjukkan kemajuan signifikan, baik dari ketersediaan infrastruktur maupun sarana prasarana penunjang lainnya,” kata Darmawan.

Salah satu peserta lari asal Balikpapan, Asri menyampaikan rasa antusiasnya, “Ini pertama kalinya saya berlari di IKN. Suasananya luar biasa, udaranya sejuk serta pemandangannya indah, saya merasakan ‘ _fun_’ nya.”

Melalui Nusantara TNI Fun Run, Otorita IKN berharap acara ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak kegiatan yang melibatkan masyarakat di masa depan. Selain sebagai simbol kebugaran dan kesehatan, kegiatan ini diharapkan semakin mempererat hubungan antara pemerintah, masyarakat, dan TNI, sekaligus mendukung pembangunan Nusantara sebagai kota dunia yang hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

HUMAS OTORITA IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *