Mulyadi Sebut Keberadaan Gedung UMKM Center Simbol Geliat Perekonomian Di Pontianak

UMKM CENTER : Penulis: Ferlianus Tedi Yahya | Editor: Try Juliansyah zoom-inlihat foto Mulyadi Nilai Gedung UMKM Center Harus Jadi Wadah Pelaku UMKM di Pontianak TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa Calon Wali Kota Pontianak, Mulyadi yang didampingi calon pasangannya Harti saat melakukan pendaftaran di gedung KPU Pontianak, Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu. (Foto : Istimewa)

PONTIANAK, PRUDENSI.COM-Calon Walikota Pontianak nomor urut 2 Mulyadi menilai keberadaan Gedung UMKM Center Pontianak saat ini masih belum berjalan secara optimal sesuai dengan peruntukannya.

Gedung yang beralamat di Jl. Slt. Abdurrahman, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat ini menurutnya bisa menjadi simbol betapa geliatnya UMKM di Kota Pontianak.

“Harusnya keberadaan gedung ini bisa menjadi wadah para pelaku UMKM untuk berusaha. Namun saat ini pengoperasiannya kebanyakan hanya pada event-event tertentu saja. Seharusnya dapat dimanfaatkan mulai dari pagi hingga malam hari,” kata Mulyadi, Sabtu 12 Oktober 2024.

Ia juga menjelaskan, bagaimana pasca covid 19, sektor UMKM di Kota Pontianak mampu menjadi tulang punggung mata pencaharian sebagian masyarakat dengan produksi UMKM, mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan tangan.

Kesemua itu, katanya merupakan produk khas dari Kota Pontianak. Bahkan tak sedikit produk UMKM Kota Pontianak yang pangsa pasarnya menjangkau skala nasional.

Masih menurutnya, peluang UMKM Pontianak untuk bisa menembus pasar nasional ini begitu kuat. Untuk Mulyadi menyebut perlu campur tangan dari Pemkot Pontianak. Mulai dari kemudahan pemberian perizinan usaha, cara pemasaran produk sampai pada proses membuat kemasan produk yang menarik.

“Ini yang menjadi tanggung jawab Pemerintah,” ungkapnya.

Ketika terpilih sebagai Wali Kota Pontianak, diapun mengatakan akan menghidupkan Gedung UMKM Center lebih dari ini.

Dengan cara mengumpulkan data pelaku UMKM Center di Pontianak dalam satu data. Kemudian data tersebut bisa diakses langsung ke pembeli yang berkunjung ke gedung itu.

“Kalau saat ini mungkin hanya beberapa produk saja. Namun jika semua produk UMKM yang terdata Dinas Perdagangan bisa ditampilkan, maka peluang pangsa pasar setiap produk UMKM kita laku dibeli oleh wisatawan juga besar,” pungkasnya.(rac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *