KPU RI Rilis Film ‘Tepatilah Janji’ untuk Edukasi Pemilih Menjelang Pilkada 2024

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali meluncurkan film bertema pemilihan untuk kedua kalinya. Kali ini, film berjudul ‘Tepatilah Janji’ karya sutradara Garin Nugroho, diputar di sejumlah bioskop di seluruh Indonesia, termasuk di Sumbar. Film bergenre komdei drama ini bertujuan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dalam menyambut Pilkada 2024.

Film berdurasi 1 jam 45 menit ini mengisahkan Adam, seorang kepala desa yang dicintai warganya dan telah meraih penghargaan sebagai desa terbaik tahun 2024. Cerita berpusat pada Adam yang awalnya enggan mencalonkan diri sebagai bupati, namun akhirnya terlibat dalam persaingan ketat dengan Rahayu, istri mantan bupati yang menjalankan kampanye dengan strategi politik uang.

Di sisi lain, Adam mendapat dorongan dari mertuanya dan seorang pengusaha lokal, tetapi memilih menjalankan kampanye dengan pendekatan sosialisasi dan edukasi masyarakat. Akhirnya, Adam memenangkan pemilihan dengan tetap menjaga integritasnya, menolak politik uang, dan fokus pada edukasi pemilih.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia KPU Sumbar, Jons Manedi menjelaskan, film ini adalah produksi kedua dari KPU setelah film ‘Kejarlah Janji’. Film ini mengandung pesan-pesan penting mengenai pilkada yang akan dilaksanakan 27 November 2024.

“Di daerah yang tidak memiliki bioskop, kami akan bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk mensosialisasikan film ini,” ujar Jons.

Ia berharap film ini dapat mendorong partisipasi pemilih, dengan target mencapai lebih dari 75 persen pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada 2024. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *