Baca Istigosah Sebelum Belajar, Rutinitas Murid SDN Betek Taman 01 Setiap Pagi

ISTIGOSAH : Kegiatan Istigosah SDN Betek Taman 01, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo yang secara rutin dilakukan tiap hari yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa-siswi.(Foto : Joko)

PROBOLINGGO-Pengembangan karakter disiplin siswa menjadi penting dan perlu dilaksanaan, mengingat banyaknya problem-problem yang dihadapi anak atau siswa tidak selalu memiliki solusi yang tepat.

Salah satu diantara nilai yang terdapat dalam pendidikan karakter adalah nilai religius sebagai dasar atau pondasi yang harus diterapkan kepada setiap anak sejak dini.

Kehidupan sehari-hari untuk tidak terpengaruh oleh keadaan yang kurang baik, salah satu lembaga pendidikan Sekolah Dasar Negeri Betek Taman 01, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo ini misalnya telah mengadakan kegiatan rutin Istighosah di halaman sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dalam rangka nuansa pagi yang memang dilakukan setiap hari, 15 menit sebelum proses belajar mengajar dimulai.

Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan untuk menambah iman, pengabdian serta kematangan cita-cita hidup.

MENYAMBUT SISWA-SISWI : Kepsek SDN Betek Taman 01 Supyandi, S.Pd beserta dewan guru menyambut siswa-siswi di depan pintu gerbang, kegiatan ini rutin dilakukan tiap pagi.

Disela kegiatan Istigosah, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Betek Taman 01, Supyandi, SP.d, menuturkan kepada Prudensi.com, Rabu (27/9), tujuan anak-anak istigosah setiap pagi untuk melatih selalu bersyukur atas nikmat yang dikaruniai oleh Allah Swt, membimbing siswa agar Istiqomah dalam meningkatkan ketaqwaannya.

Menurut Supyandi, S.Pd nilai yang didapatkan murid, tentunya mereka memiliki sikap pribadi yang unggul dalam berperilaku terpuji seperti etika terhadap guru, disiplin dalam mena’ati tata tertib sekolah, dan lainnya.

“Sudah menjadi kegiatan rutinitas sebelum belajar mengajar baca surat yasin dan Istigosah yang bertujuan untuk kelancaran siswa-siswi menuntut ilmu, dan juga menjadi kebiasaan kami semua dewan guru menyambut siswa tiap pagi di depan pintu gerbang dengan hati yang senang dan bahagia,’’ujar Supyandi, S.Pd.

ISTIGOSAH : Dewan Guru SDN Betek Taman 01 bersama siswa-siswi sedang membacakan Istigosah, surat yasin dan surat pendek lainnya.

Ditempat yang sama Guru Agama SDN Betek Taman 01, Fasil, S.Ag mengatakan, bahwa dengan diadakannya kegiatan rutin semacam ini, diharapkan seluruh siswa, mampu meningkatkan keimanannya serta membiasakan setiap peserta didik untuk doa bersama.

“Jadi kegiatan Istigosah di SDN Betek Taman 01 dilakukan sudah sejak lama, namun sejak Kepeseknya dijabat Pak Supyandi sudah ada tambahan surat-surat pendek dan surat yasin,’’ujar Fasil, S.Ag kepada Prudensi.com, Rabu (27/9).(Joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *