Tim Penilaian Panji Perpustakaan Puas Dengan Perkembangan Perpustakaan Berau

BERAU – TIM Penilai Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan penilaian ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Berau, Jalan Milono, Tanjung Redeb, Rabu (18/10/2023).

Kunjungan Tim Penilaian Panji Perpustakaan tersebut disambut Bupati Berau Sri Juniarsih Mas didampingi Asisten III Administrasi Umum Setda Berau Maulidiyah dan Kepala Dispusip Berau Yudha Budisantoso. Turut hadir jajaran Dispusip Berau dan mitra kerja perpustakaan, seperti Duta Baca, Duta Perpustakaan Sekolah, Gerakan Pemberdayaan Minat Baca (GPMB) Berau, Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah (Atpusi) Berau dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Berau.

Dalam sambutannya di hadapan tim penilai, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas yang juga merupakan Duta Perpustakaan Sekolah Kabupaten Berau mengatakan Pemkab Berau terus mendukung dan mendorong kemajuan perpustakaan agar mampu berkembang dan bersaing di tingkat regional maupun nasional. Terbukti dari sederet penghargaan dan juara yang telah diraih perpustakaan sekolah maupun perpustakaan kampung.

Selain itu dalam usaha pemenuhan sarana dan prasarana, Dispusip Berau juga memberikan bantuan koleksi buku setiap tahunnya yang disebar ke seluruh kecamatan yang memiliki perpustakaan.

“Tujuannya agar memudahkan masyarakat untuk membaca. Selain buku bacaan, titik baca digital juga telah disebar di setiap kecamatan yang bisa diakses dengan mudah lewat smartphone yang berisi ratusan judul buku menarik,” jelas Sri Juniarsih.

Sementara Ketua Tim Penilaian Panji Perpustakaan, Ardiningsih menilai Dispusip Berau secara kumulatif sudah sangat bagus. Dalam arti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau memiliki komitmen yang kuat dalam upaya-upaya pengembangan perpustakaan di daerahnya dan minat baca masyarakatnya.

“Kami minta agar terus update kemajuan-kemajuan yang ada saat ini termasuk dengan minat masyarakat terhadap koleksi buku yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu cara meningkatkan gemar membaca kepada masyarakat harus didukung dengan sarana-prasarana yang harus difasilitasi. Pasalnya, diakuinya setiap tahun kegemaran membaca masyarakat berbeda-beda.

“Seperti di jaman dulu itu gemarnya membaca novel sejarah ataupun lainnya, semakin majunya jaman maka yang dicari masyarakat juga akan berbeda,” kata dia.

Pada saat kunjungan dirinya juga memberikan pekerjaan rumah (PR) bagi Dispusip Berau yakni terkait dengan akses distabilitas atau penyediaan tempat. Karena, masyarakat yang memiliki kekurangan tersebut memiliki hak untuk menikmati fasilitas pemerintah.

“Jika saya nilai bahwa pengembangannya sudah cukup bagus, tetapi saya tetap meminta agar penataan buku juga bisa harus dilakukan dengan ahlinya. Jangan hanya sekat sana sekat sini. Yang ditakutkan malah tidak bagus,” tegasnya.

Asisten III Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Maulidyah mengatakan kedatangan pihak provinsi dalam rangka bentuk penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan khusus untuk Bidang Perpustakaan dan Kebudayaan Kegemaran Membaca.

“Ini adalah salah satu bentuk dalam rangkaian memperingati HUT Kaltim yang setiap tahun dikeluarkan panji-panji keberhasilan yang dinilai seluruh kabupaten/kota di Kaltim,” paparnya.

Dirinya mewakili Pemkab Berau berupaya untuk melengkapi kriteria tersebut. Sekaligus berharap Dispusip Berau dapat memenuhi indikator-indikator tersebut. “Saat saya melihat secara langsung presentasi dari Disupsip Berau, kita optimis bisa kembali ‘menyabet’ juara. Karena di tahun lalu Berau juara II,” ungkapnya.

Mengenai ruangan distabilitas, ke depan dirinya akan melakukan diskusi dengan Dispusip Berau supaya seluruh layanan berikan dengan baik.

Sekretaris Dispusip Berau Ali Sadikin Adma optimistis pada tahun ini Perpustakaan Berau bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Pasalnya, mengingat sejak beberapa waktu lalu pihaknya terus melakukan pembenahan kriteria penilaian.

“Kami terus berbenah dalam melengkapi kriteria yang sudah diberikan, sehingga di tahun ini optimisitis bisa kembali mendapatkan hasil yang maksimal,” imbuhnya.

Diakuinya pada tahun 2021, Dispusip Berau juga pernah mendapatkan peringkat pertama. Dan berharap di tahun 2023 ini peringkat pertama pun bisa kembali ke Berau. “Tentunya capaian ini tak lepas dari support Bupati Berau yang selalu mendukung kegiatan kami. Semoga saja di tahun 2023 ini kami bisa kembali mendapatkan peringkat pertama,” bebernya. (*adv)

Penulis : Muhammad Ihsan | Editor : Mansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *