Semarakkan Hari Anak Nasional: Jokowi Beri Kuis Pancasila dengan Hadiah Mainan

JAYAPURA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Selasa (23/7/2024).

Terlihat Jokowi dan Iriana tampak memakai topi rumbai khas Papua. Presiden juga tampak mengenakan noken atau tas anyaman dari Papua yang diselempangkan di bahunya.

Dalam momen itu, Jokowi juga sempat memberikan kuis berhadiah mainan bagi anak-anak yang bisa menghafalkan Pancasila.

“Yang bisa jawab saya beri hadiah mainan,” kata Jokowi dalam video yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/7/2024).

Anak-anak yang hadir dalam acara kemudian berebut maju untuk mengikuti kuis dari Jokowi. Presiden kemudian menenangkan anak-anak tersebut dan diminta kembali ke tempat masing-masing.

“Kembali ke tempat nanti ditunjuk baru maju,” lanjut Jokowi.

Jokowi kemudian menunjuk tiga anak untuk maju menghafalkan pancasila. Siswi perempuan bernama Sisilia kemudian melantangkan Pancasila. Namun pada saat sila ketiga, ia sempat kurang lancar sehingga diminta kembali mengulang.

“Anak-anakku semuanya, kalau pas di situ mudah, tapi kalau sudah di dekat pak Jokowi begini grogi. Tidak boleh ditertawakan, ini pasti bisa Sisilia,” kata Jokowi.

Sisilia selanjutnya melantangkan Pancasila dengan lancar disusul dua anak laki-laki lainnya. Jokowi kemudian memberikan bingkisan kepada mereka.

Acara selanjutnya adalah pembacaan doa bersama yang dipandu oleh anak-anak perwakilan dari lima agama. Sebelumnya ada pula pemberian secara simbolis Piagam Penghargaan Anak Berprestasi dan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

Acara juga dilanjutkan dengan penampilan marching band dan parade baris berbaris anak. Dilanjutkan penampilan Tarian Kolosal (Rekor Muri) dan pertunjukan hiburan oleh para artis cilik Papua.

Selain Jokowi dan Iriana, tampak hadir pula Ibu Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, serta Istri Tito Karnavian yang juga menjabat sebagai Ketua Umum OASE KIM.

Adapun tema yang diangkat pada HAN ke-40 ini adalah ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’. Papua dipilih sebagai lokasi pelaksanaan agar kemeriahan perayaan hari anak nasional kali ini juga dapat dirasakan oleh anak-anak di daerah terpencil dan terluar. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *