Indonesia Kirim Tim Medis ke Rumah Sakit Terapung Mesir Di Tengah Krisis Gaza

JAKARTA – Sebanyak 25 tenaga kesehatan (nakes) TNI bakal dikirim untuk bertugas di rumah sakit terapung milik UAE di El Arish, Mesir. 15 nakes dari rombongan itu juga dipersiapkan untuk dikirim ke rumah sakit lapangan di Rafah, Gaza Palestina.

“Rencana pemberangkatan, pemberangkatan pertama sebanyak 25 orang. Di antaranya terdapat 4 orang Wan (Wanita) TNI,” kata Direktur Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) Kemhan RI, Mayjen Ujang Darwis, Rabu (7/8/2024).

Secara total, ada 40 nakes yang disiapkan terdiri dari dokter spesialis dan tenaga kesehatan gabungan dari tiga matra. Mereka telah mendapat pembekalan berupa latihan pra tugas selama 5 hari di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI.

Apabila situasi di rumah sakit lapangan di Rafah sudah dinilai aman bagi nakes TNI, 15 dari 25 nakes yang sudah ada di rumah sakit terapung, akan dikirim ke rumah sakit lapangan di Rafah.

Setelahnya, 15 nakes yang di Indonesia, akan dikirim bergabung ke rumah sakit terapung di di El Arish.

“Keberangkatan kedua akan dilaksanakan apabila situasi di field hospital di Rafah dinilai cukup aman bagi personel kita. Jadi nanti dari 25 orang tersebut akan dikirim 15 orang ke field hospital di Rafah, baru sisa 15 orang yang dari Indonesia yang ada di tanah air kita berangkatkan bergabung di floating hospital di El Arish,” kata Ujang.

Agresi dan genosida Israel telah menewaskan lebih dari 39.000 warga Palestina di Gaza sejak serangan lintas batas pada 7 Oktober 2023 oleh Kelompok Pejuang Palestina Hamas.

Tindakan brutal Israel di Gaza telah memicu bencana kemanusiaan dan persidangan sedang berlangsung atas dugaan genosida di Mahkamah Internasional. Korban agresi keji Israel didominasi anak-anak dan perempuan. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *