Belasan Hektar Lahan Gambut di Tanah Laut Kalsel Terbakar, Pemadaman Terkendala Angin

KALIMANTAN SELATAN – Belasan hektar lahan gambut di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalimatan Selatan (Kalsel) terbakar pada Rabu (18/9/2024).

Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Manggala Agni, dan TN-Polri berjibaku memadamkan api. Tenaga Kebencanaan BPBD Kalsel, Baihaqi Saputra yang terjun langsung ke lokasi karhutla mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran pada Rabu sore.

Mendapat laporan tersebut, BPBD Kalsel kemudian berkoordinasi dengan unsur lainnya dan bergegas ke lokasi untuk memadamkan api. Walaupun berjam-jam berjibaku memadamkan api, karhutla tak kunjung padam dikarenakan kencangnya tiupan angin.

“Api dengan cepat menyebar karena kencangnya tiupan angin di tambah akses ke lokasi juga sulit dengan jalan sempit,” ujar Baihaqi kepada wartawan Kompas.com, Kamis (19/9/2024).

Menurut Baihaqi, dari laporan warga di sekitar lokasi karhutla, munculnya api disebabkan oleh cuaca yang cukup panas. Didominasi semak belukar yang kering, api kemudian cepat menyebar.

“Kami perkirakan ini sudah belasan hektar lahan yang terbakar. Kami masih berupaya memadamkan api,” jelas Baihaqi.

Walaupun sudah mengepung lokasi karhutla, api tak kunjung padam. Hingga tengah malam, pemadaman pun terpaksa dihentikan dengan mempertimbangkan keselamatan petugas di lapangan.

“Insya Allah besok pemadaman kami lanjutkan dengan harapan angin tidak lagi bertiup kencang dan dengan tambahan armada yang ada agar api tak menyebar,” pungkasnya. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *