Pelatihan Kepemudaan di Kaltim: Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan

SAMARINDA, Prudensi.com – DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pelatihan hidup dan fasilitas organisasi kepemudaan di Gedung Pusdiklat Dispora Kaltim, GOR Kadrie Oening, Sempaja. Kegiatan yang berlangsung dari 24 hingga 28 September 2024 itu diikuti perwakilan pemuda dari 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Saat ditemui media ini, Sub Koordinator Kepemimpinan Peloporan dan Kemitraan Pemuda Rusmulyadi menegaskan, Dispora Kaltim berkomitmen terhadap pembangunan kepemudaan di daerah ini.

“Dengan lebih dari 900 ribu pemuda di Kaltim, kami berusaha menjangkau daerah terpencil untuk memberikan pelatihan ini,” ujar Rusmulyadi, usai kegiatan tersebut, Kamis (26/09/2024).

Dia mengungkapkan, pelatihan tersebut mencakup berbagai keterampilan, termasuk barbershop, tata rias, tata busana, pengelolaan hasil ikan, dan desain grafis.

“Kami ingin pemuda Kaltim memiliki kecakapan hidup yang memadai sehingga dapat bersaing di dunia kerja,” tambahnya.

Selain keterampilan praktis, pelatihan juga mencakup materi kepemimpinan. “Kaltim membutuhkan pemimpin hebat di masa mendatang, dan pemuda adalah harapan itu,” ucapnya.

“Kami mengajarkan cara mengambil keputusan dan memimpin organisasi,” jelasnya.

Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini adalah para ahli dan praktisi yang berpengalaman.

“Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat memperoleh sertifikasi keahlian dan pemahaman yang mendalam tentang kepemimpinan,” ungkap Rusmulyadi.

Dengan harapan untuk mencetak pemimpin masa depan, Dispora Kaltim berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan yang bermanfaat bagi pemuda di seluruh wilayah, termasuk di daerah-daerah terpencil.

“Kita ingin memastikan pemuda Kaltim siap bersaing, terutama menjelang status Kaltim sebagai ibukota negara baru,” tutup Rusmulyadi. (ADV)

Penulis: Andi Isnar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *