Di Balik Layar Mariara: 7 Kru Meninggal, Sutradara Tegaskan Bukan Tumbal

JAKARTA – Film Mariara bisa dikatakan film paling horor di Indonesia bahkan paling horor di Asia Tenggara. Lebih horor dibandingkan film Pontianak di Malaysia yang diperankan Maria Menado atau Lisbeth Dotulong asal Tonsea Minahasa Utara.

Dari sekian banyak film genre horror thriller di Indonesia, film Mariara benar benar punya kekuatan mistis. Kekuatan mistis membuat film Mariara memakan tumbal.

Tumbalnya pun tidak sedikit. Sebanyak 7 orang yang merupakan kru film, meninggal selama proses pembuatan film. Bahkan salah satu dotu di Tomohon yang menjadi tempat aktris pemeran Mariara belajar dan mendalami soal ilmu hitam dan putih, juga sudah meninggal.

“Tonaas di Tomohon itu tempat saya belajar semua hal terkait ilmu hitam dan putih, agar saya bisa memerankan Mariara dengan sepenuh hati. Karena saya awam dan tidak tahu apa itu Mariara. Setelah saya banyak belajar dari Tonaas tersebut, saya bisa menjiwai peran Mariara. Tapi sayang orang pintar itu juga sudah meninggal,” ujar Mercy, pemeran Mariara saat berbincang dengan Manado Post.

Tumbal ini sempat meresahkan sebagian kru film lainnya. Karena itu para kru film sudah berapa kali ziarah ke makam rekan rekan mereka yang meninggal.

Veldy Umbas selaku sutradara film Mariara pun, meluruskan cerita terkait 7 kru film yang jadi tumbal.

“Dalam proses pmbuatan film, kami jujur kehilangan 7 kru film. Tapi dengan kehilangan 7 kru film Mariara bukan berarti mereka jadi tumbal. Tidak ya,” tegas Veldy.

“Kalau film ini tidak dikehendaki Yang Maha Kuasa, berarti film ini tidak selesai. Tapi syukur Puji Tuhan alhamdulillah, film ini bisa selesai dan saat ini bisa ditayangkan di XXI,” jelas Veldy Umbas.

Jadi sekali lagi Veldy Umbas sutradara Film Mariara, kembali menegaskan meninggalnya 7 kru film dalam proses pembuatan Film Mariara, itu tidak ada hubungan dengan mistis. Apalagi dikatakan tumbal, itu tidak betul.

“Mereka memang beberapa dalam kondisi sakit. Jadi meninggal karena sakit. Bukan sementara syuting, lalu meninggal. Tidak seperti itu,” jelas Veldy Umbas saat diskusi film Mariara di Gedung Wayang, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2024). []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *