Kekeringan Berlanjut, BPBD Malang Distribusikan 40 Ribu Liter Air Bersih ke Empat Desa

MALANG – Meski sudah beberapa kali turun hujan, kekeringan masih melanda wilayah selatan Kabupaten Malang. Kemarin (3/10/2024), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendistribusikan bantuan air bersih di empat desa di dua kecamatan.

Yakni Desa Ringinsari dan Sumberagung di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sedangkan dua desa lainnya di Kecamatan Donomulyo. Yakni Mentaraman dan Sumberoto.

”Dalam satu hari kami bisa mendistribusikan 40 ribu liter air bersih,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Malang Zainuddin kemarin yang dikutip radarmalang.

Sejak awal September lalu, dia mengatakan, total air bersih yang didistribusikan hampir mencapai 1 juta liter.

“Per hari ini (kemarin) ada 960 ribu liter air bersih yang kami distribusikan,” sebut dia.

Ritme pengiriman air juga belum berubah. Sekali jalan ke satu kecamatan melakukan 4 rit (pulang pergi) sumber air ke lokasi dropping. Pada hari yang sama, dia melanjutkan, juga ada distribusi ke Desa Pagak, Kecamatan Pagak. Tapi sudah di-handle Perumda Tirta Kanjuruhan.

Hingga kini masih ada delapan desa yang masih menyatakan kesulitan pasokan air bersih. Di Kecamatan Sumawe empat desa, yakni Sumberagung, Sitiarjo, Kedungbanteng, dan Ringinsari. Kemudian di Donomulyo tiga desa yakni Sumberoto, Mentaraman, dan Tulungrejo.

Lalu satu desa di Kecamatan Pagak, yakni Desa Pagak. Gejala dialami adalah sumur dan sumber air yang mengering, dan hujan yang tak kunjung turun di wilayah tersebut.

Dia mengimbau warga di desa lainnya tetap waspada. Sebab, desa yang dilanda krisis air bersih berpotensi bertambah. Kemarin pihaknya juga menerima permintaan distribusi air bersih dari Bantur dan Gajahrejo.

“Kami baru terima suratnya hari ini (kemarin) dan besok (hari ini 4/10/2024) kami rencananya akan lakukan assesment ke sana,” tandas Zainuddin. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *