Update Terbaru! Serangan Rudal Houthi Sasar Pangkalan Militer Israel di Tel Aviv

JAKARTA – Perang di Arab masih terus membara. Dalam laporan Al-Jazeera, dikutip Rabu (23/10/2024) misalnya, serangan dilancarkan kelompok Houthi di Yaman ke pangkalan militer Israel di Tel Aviv, Selasa waktu setempat.

“Houthi telah menargetkan pangkalan militer Israel di Tel Aviv menggunakan rudal balistik hipersonik,” kata juru bicara Yahya Saree, menurut media yang berafiliasi dengan Houthi.

Houthi sendiri adalah kelompok yang bersekutu dengan Hamas di Gaza dan Hizbullah di Lebanon yang tengah berperang melawan Israel. Houthi menjadi bagian dari “kelompok perlawanan” yang merupakan proksi Iran di Timur Tengah dan sudah sejak November melancarkan serangan ke kapal-kapal terafiliasi Israel di Laut Merah.

Serangan serupa juga dimuat laman Israel, The Jerusssalem Post. Mengutip la,am Al-Masirah, kelompok Houthi mengklaim bahwa rudal berhasil mencapai target mereka melewati intersepsi Amerika dan Israel.

“Operasi ini merupakan kemenangan bagi perjuangan rakyat Palestina dan Lebanon dan untuk mendukung perlawanan mereka,” tambah kelompok Houthi.

Belum diketahui apakah ada korban dari pihak Israel. Pemerintah Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu juga belum memberikan klarifikasi.

Perang di Timur Tengah sendiri berakar dari perang di Gaza sejak Oktober 2024. Proksi-proksi Iran menembak Israel sebagai bentuk protes atas serangan itu meski dibalas Israel kembali dengan tembakan tak pandang bulu.

Mengutip Anadolu Agency yang merujuk Kementerian Kesehatan Gaza Selasa, hingga kini 42.700 warga Palestina tewas akibat perang di wilayah kantong itu, di mana anak-anak dan wanita menjadi yang terbesar. Masih mengutip laman yang sama kematian akibat serangan udara Israel di Lebanon kini mencapai 2.500 orang sejak September lalu hingga saat ini. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *