Pj Gubernur Harisson Canangkan Pekan Imunisasi Nasional Polio

IMUNISASI POLIO : Pj Gubernur Kalbar Harisson sedang meneteskan imunisasi polio pada salah satu anak, Selasa (23/7/2024).(Foto : Istimewa)

PONTIANAK, Prudensi.com-Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional Polio di Kalimantan Barat telah berjalan dan serentak dilakukan pemberian imunisasi polio kepada anak usia 0-7 tahun di seluruh kabupaten kota se-Kalbar.

Pj Gubernur Kalbar Harisson mengatakan pelaksanaan imunisasi polio di Kalimantan Barat ini masih sekitar 60 persen dan target pelaksanaan 95 persen, di mana anak-anak memang harus mendapatkan imunisasi polio dalam rangka melindungi mereka supaya tidak tertular penyakit polio yang menyebabkan kelumpuhan dan ini penting dilakukan kepada anak-anak di Kalimantan Barat.

“Penyakit Polio ini ditularkan melalui mulut dan bisa juga dari kotoran manusia. Kalau daerah-daerah yang masih belum begitu baik, seperti belum adanya jamban dan membuang air besar di sembarang tempat yang dapat menularkan kuman kepada anak-anak yang bermain di lingkungannya,” kata Harisson, Selasa (23/07/2024) siang

Tidak hanya itu kantin di sekolah juga perlu dijaga kebersihannya, karena Polio tertular dari makanan melalui virus atau kuman yang keluar dari air liur pembawa penyakit ini. Harisson meminta kepada seluruh stakeholder untuk bahu membahu menggencarkan imunisasi polio agar tercapai 95 persen pelaksanaannya dengan membawa semua anak-anak di Kalimantan Barat ke tempat-tempat pelayanan kesehatan.

“Saya memohon kepada Bupati/Walikota, media, akademisi, LSM, Masyarakat, seluruh perangkat daerah, TNI/Polri untuk membantu pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio di Kalimantan Barat. Mudah-mudahan nanti kita dapat mencapai target anak-anak kita diimunisasi polio,” imbuhnya.

Seperti kita ketahui, pada tahun 2045 nanti Indonesia akan mendapatkan bonus Demografi, di mana saat ini Indonesia sedang menyiapkan generasi-generasi untuk menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045. (rac)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *