Limapuluh Kota Sambut Era Baru Pertanian dengan Penanaman Jagung Unggulan

LIMAPULUH KOTA – Pemkab Limapuluh Kota terus berupaya mewujudkan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026, termasuk mempercepat pelaksanaan program unggulan seperti pembukaan lahan jagung seluas 20.000 hektare.

Program itu mendapat respons positif dari masyarakat, salah satunya dari tokoh masyarakat Lareh Sago Halaban, Saga Putra C Syahrun, yang memaksimalkan lahan tidurnya. Pada panen raya yang dilaksanakan Minggu (28/7/2024), Saga Putra memanen jagung di lahan seluas 8 hektare dengan hasil 7,5 ton per hektar, melebihi rata-rata nasional sebesar 6 ton per hektare.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin yang hadir pada acara panen raya di Nagari Batu Payuang itu menyatakan pentingnya sinergi antara tokoh masyarakat dan pemerintah dalam mensukseskan program pembangunan, termasuk program unggulan penanaman jagung.

“Produksi jagung ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pakan ternak ayam petelur yang sampai saat ini belum tercukupi oleh produksi jagung di Limapuluh Kota,” ujar bupati yang dikutip koranbatam.com, Selasa (30/7/2024).

Ia menegaskan pemerintah daerah mendukung program ini melalui penyediaan mesin pengolahan lahan, bantuan bibit, hingga alat mesin pertanian seperti traktor roda empat dan alat panen otomatis.

Sementara, Saga Putra mengungkapkan bahwa pihaknya pihaknya siap berinvestasi di Limapuluh Kota selama didukung oleh pemerintah daerah dengan bantuan alat mesin pertanian.

“Tidak hanya perorangan, kegiatan ini juga bisa dilaksanakan di kelompok-kelompok tani,” ucapnya.

Turut hadir pada kegiatan itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh. Devi Kusmira, Kadis Tanhorbun Witra Porsepwandi, penyuluh pertanian, serta perwakilan kelompok tani dari kecamatan Lareh Sago Halaban dan Luhak. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *