Desa Asembagus Tuan Rumah Gerakan Tanam Padi PAT: Dukung Swasembada Pangan

GERAKAN TANAM PADI : Desa ASembagus, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo menjadi tuan rumah Gerakan Tanam Padi PAT, Rabu (11/9.2024). (Foto : Mis)

PROBOLINGGO, PRUDENSI.COM-Desa Asembagus, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo menjadi tuan rumah kegiatan Gerakan Tanam Padi PAT melalui pompanisasi yang diselenggarakan oleh Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian. Acara ini berlangsung pada Rabu (11/09/2024) di area persawahan Desa Asembagus.

Yahyadi, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, mengungkapkan apresiasinya kepada Kementerian Pertanian atas dukungannya terhadap program Pertanian Alami Terpadu (PAT) di Kabupaten Probolinggo. Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Probolinggo telah melampaui target luas tanam PAT yang ditetapkan.

“Target PAT kita sebesar 1.735 hektare, dan hingga saat ini telah mencapai 1.795 hektare. Ini merupakan hasil dari komitmen dan kerja sama seluruh pihak terkait, termasuk para petani, penyuluh, dan petugas di lapangan,” ujar Yahyadi.

Lebih lanjut, Yahyadi menekankan pentingnya kebersamaan dalam menyukseskan program ini. Ia mengajak semua pihak untuk mendukung gerakan tanam serentak di Kabupaten Probolinggo sebagai bagian dari upaya nasional. “Saya tidak hanya ingin melihat luas tambah tanam (LTT) yang sukses, tetapi juga ingin memastikan luas tambah panen (LTP) dan luas tambah produksi (LPP) turut berhasil,” tegasnya.

Sementara itu, Yuristianto, Kepala Balai Besar Peramalan OPT, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, menyampaikan pentingnya pompanisasi dalam mendukung gerakan tanam padi ini.

“Gerakan ini bertujuan untuk memajukan pertanian dan mendorong petani agar semakin semangat menanam. Melalui pompanisasi, diharapkan produksi pangan kita meningkat sehingga Indonesia tidak perlu lagi mengimpor bahan pangan dari luar negeri,” jelas Yuristianto.

Ia juga menambahkan bahwa Kementerian Pertanian telah memberikan bantuan berupa 110 unit pompa aksial dan 11 unit pompa air permukaan untuk mendukung program ini di Kabupaten Probolinggo.

“Bantuan pompa ini telah disalurkan kepada kelompok-kelompok tani yang membutuhkan, dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian,” ujarnya.

Selain itu, Yuristianto mengungkapkan bahwa Probolinggo juga telah menerima bantuan pestisida untuk pengendalian hama, yang diharapkan dapat mengoptimalkan hasil panen. Ia juga menyampaikan komitmennya untuk memberikan penghargaan kepada tiga kecamatan terbaik dalam mencapai target perluasan tanam pada akhir September mendatang.

Sementara itu, Kepala Desa Asembagus, Ali Ibang Fansuri, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, menyatakan bahwa dirinya mendukung penuh program yang dicanangkan pemerintah pusat.

Program Gerakan Tanam Padi PAT melalui Pompanisasi di Kabupaten Probolinggo diharapkan dapat menjadi kontribusi daerah dalam mendukung ketahanan pangan nasional.(Mis)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *