Open Tournament Basket Piala Gubernur Kaltim Resmi Dibuka

SAMARINDA, Prudensi.com – OPEN Tournament Basket Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) resmi dibuka hari ini, Kamis (26/9/2024) di Gedung Serba Guna, kawasan Gelanggang Olahraga (Gelora) Kadrie Oening Sempaja, Samarinda.

Acara bergengsi itu bertujuan menjadi wadah kompetisi bagi atlet muda di Kaltim, sekaligus mencetak generasi berprestasi melalui olahraga basket.

Sebelum pembukaan turnamen, pada 22 September 2024 lalu, diadakan Technical Meeting (TM) Kejuaraan di ruang Rapat Dispora Gedung Kadrie Oening Tower. Pertemuan itu dihadiri perwakilan pelatih, official klub, dan sekolah-sekolah dari tingkat SMP dan SMA sederajat.

Dalam pertemuan tersebut, para peserta mendapatkan penjelasan mengenai aturan dan ketentuan yang akan diterapkan selama turnamen berlangsung.

Kejuaraan Terbuka Basket Piala Gubernur tersebut melibatkan sekitar 900 peserta yang terdiri dari 76 tim bola basket, dibagi dalam berbagai kategori. Terdapat 14 tim putra dan 12 tim putri dari SMP, 18 tim putra dan 8 tim putri dari SMA/SMK/MA sederajat, serta 13 tim putra dan 6 tim putri dari klub.

Dengan variasi kategori itu, diharapkan setiap kelompok usia dapat berkompetisi secara sehat dan mendapatkan pengalaman berharga dalam olahraga.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Rusdiansyah aras dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut bukan sekadar ajang bertanding, tetapi juga merupakan kesempatan untuk memperkuat semangat kebersamaan dan sportivitas di kalangan atlet muda.

“Kita berkumpul di sini, untuk merayakan semangat olahraga dan menegaskan komitmen kita dalam mengembangkan potensi generasi muda,” ucapnya.

“Saya berharap setiap peserta dapat menjunjung tinggi nilai-nilai olahraga, seperti fair play dan kerja sama tim,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Dispora Kaltim Rasman Rading menambahkan, kejuaraan tersebut sangat penting untuk meningkatkan minat dan kemampuan olahraga di kalangan pelajar.

“Melalui kejuaraan ini, kita tidak hanya mengasah keterampilan teknis para peserta, tetapi juga membekali mereka dengan nilai-nilai sportivitas dan kerja sama tim,” katanya.

Dia berharap turnamen yang akan berlangsung hingga 6 Oktober 2024, dan dilaksanakan di dua lokasi: Gedung Serba Guna Gelora Kadrie Oening dan Lapangan Basket KOREM 091/ASN itu dapat menemukan bibit unggul yang siap berkontribusi dalam industri olahraga.

Rusdiansyah juga menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak, termasuk sekolah dan komunitas olahraga, untuk menjadikan acara ini sukses dan bermanfaat bagi pengembangan olahraga di Kaltim.

“Mari kita bersinergi, mendukung satu sama lain, dan memastikan bahwa acara ini, memberikan pengalaman yang berharga bagi semua peserta,” ajak Ketua Koni Kaltim.

Dengan semangat kolaborasi yang ditunjukkan, diharapkan kejuaraan ini, bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan antar sekolah dan klub, serta membangun semangat kebersamaan di kalangan generasi muda.

Diharapkan, melalui kejuaraan ini, olahraga basket di Provinsi Kaltim dapat semakin maju dan melahirkan atlet-atlet berbakat yang siap bersaing di tingkat nasional. (ADV)

Penulis: Andi Isnar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *