Pemprov Sumbar Kirim Tim Persiapan DOB Agam Tuo

SUMATERA BARAT – Pemprov Sumbar menurunkan Tim Pengkajian Pemekaran Daerah Persiapan Kabupaten/Kota untuk mengkaji persiapan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Agam Tuo.

Plt. Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumbar, Ferdinal, yang sekaligus menjadi ketua tim mengatakan, pihaknya telah turun langsung ke Kabupaten Agam untuk melakukan klarifikasi usulan pembentukan DOB Kabupaten Agam Tuo.

“Klarifikasi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kelengkapan dokumen persyaratan yang telah diusulkan oleh Bupati Agam kepada Gubernur,” katanya dalam kutipan Koranpadang, Jumat (23/8/2024).

Menurutnya, Tim Pengkajian Pemekaran Daerah Persiapan Kabupaten/Kota tingkat Provinsi Sumbar itu terdiri atas 26 OPD.

“Proses pembentukan DOB Agam Tuo ini menjadi tanggung jawab bersama sehingga dibutuhkan sinergi antara Pemprov dan Pemkab Agam untuk memastikan semua persyaratan telah terpenuhi seluruhnya sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Ferdinal mengatakan, meskipun data kajian pembentukan DOB Agam tuo telah disusun dan disiapkan, akan tetapi perlu diperbarui secara berkala, terutama terhadap data-data yang bersifat dinamis dan bisa berubah-ubah. Selain itu, ia mengingatkan kembali esensi dan tujuan utama dari pemekaran wilayah adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemekaran daerah diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempersingkat rentang kendali sekaligus mempercepat akses pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” sebutnya.

Saat melakukan klarifikasi, tim juga memberikan masukan dan saran kepada Pemkab Agam dalam memperkaya serta mempertajam kajian pembentukan DOB Agam Tuo tersebut.

“Kita berharap Pemkab Agam segera menyampaikan hasil penyempurnaan dari kajian pembentukan DOB Agam Tuo agar prosesnya bisa dilanjutkan,” kata Ferdinal.

Berdasarkan kesepakatan antara Bupati dan DPRD Agam, Ibukota DOB Agam Tuo berlokasi di Nagari Balingka Kecamatan IV Koto dengan luas wilayah 653,04 ha yang mencakup 10 kecamatan dan 54 nagari. Kecamatan itu adalah IV Koto, Malalak, Banuhampu, Sungai Pua, Candung, Ampek Angkek, baso, Tilatang Kamang, Kamang Magek, dan Palupuh. []

Nur Quratul Nabila A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *