Pastikan Pendaftaran Bacalon Lancar, KPU Kukar Gelar Rakor

TENGGARONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk mempersiapkan pendaftaran bakal pasangan calon (bacalon) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Rakor yang berlangsung di Aula Rumah Makan Tepian Pandan Tenggarong, Sabtu (24/08/2024) itu dihadiri berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kukar, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, perwakilan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit serta seluruh Liaison Officer (LO) partai politik di Kukar.

Ketua KPU Kukar Rudi Gunawan menjelaskan, rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk memastikan semua proses pendaftaran bakal pasangan calon berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam rapat tersebut, dibahas mengenai tahapan pendaftaran, persyaratan administrasi, serta mekanisme verifikasi yang akan diterapkan

“Kami berharap dengan adanya koordinasi ini, semua pihak dapat memahami dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Hal ini penting untuk memastikan Pilkada Serentak 2024 di Kukar berlangsung transparan dan adil,” katanya.

“Kegiatan ini untuk pemahaman secara tekhnis, karena kami besok ada gladi secara tekhnis untuk penerimaan pendaftaran, kita juga mengundang seluruh LO partai termasuk calon perseorangan dan OPD terkait, ” sambung Rudi.

Dia menambahkan, pada hari Senin mendatang, pihaknya juga akan melaksanakan gladi untuk pemeriksaan kesehatan, dan narasumber dari RSUD AM Parikesit telah menyampaikan teknisnya.

Selain itu, KPU Kukar juga mengingatkan semua partai politik dan calon independen untuk mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan agar proses pendaftaran dapat dilakukan tanpa kendala. Proses pendaftaran bakal pasangan calon direncanakan akan dimulai tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang jelas dan komprehensif kepada semua pihak yang terlibat, serta meminimalisir potensi masalah selama tahapan pendaftaran berlangsung. *

Penulis : Anggi Triomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *