Simulasi Pendaftaran Bapaslon: Persiapan Matang Menuju Pilkada 2024

TENGGARONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar simulasi pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kukar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Acara yang dilaksanakan di Kantor KPU Kukar Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Minggu (25/8/2024) itu bertujuan untuk memastikan kesiapan proses pendaftaran calon dalam Pilkada mendatang.

Simulasi dimulai pukul 10.00 Wita, dihadiri perwakilan partai politik, Liaison Officer (LO)/penghubung, serta berbagai stakeholder terkait. Para peserta simulasi mengikuti prosedur pendaftaran secara langsung, mengikuti tahapan alur Pendaftaran Bapaslon serta melakukan simulasi dengan pihak KPU.

Ketua KPU Kukar Rudi Gunawan menegaskan, kegiatan simulasi tersebut penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi kendala yang mungkin terjadi selama proses pendaftaran resmi nanti.

“Kami berharap dengan simulasi ini, semua pihak dapat memahami mekanisme pendaftaran dengan lebih baik, sehingga proses Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan transparan,” ujarnya.

Pada saat pendaftaran, KPU Kukar akan memberikan fasilitas berupa 200 kursi dan layar besar, hingga panggung konferensi pers bagi para pendukung yang menunggu di luar Gedung KPU Kukar.

Rudi menyampaikan, di hari senin juga akan dilaksanakan simulasi terkait pemeriksaan kesehatan.

Mengundang partai politik atau LO serta Bawaslu dan awak media maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk hadir mengikuti simulasi pemeriksaan kesehatan Bapaslon yang dijadwalkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Muhammad Parikesit, Tenggarong.

Simulasi tersebut berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik menuju Pilkada Kukar yang sukses dan demokratis. Pendaftaran resmi bakal pasangan calon dijadwalkan akan dimulai pada 27-29 September 2024 mendatang. *

Penulis: Anggi Triomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *