Paslon Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan Wakili Masyarakat Melayu-Dayak Kalbar

PASLON NKRI : Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Kalbar Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan resmi mendaftar ke KPU Kalbar, Kamis (29/8/2024). (Foto Dedy)

PONTIANAK, PRUDENSI.COM-Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan resmi mendaftarkan diri dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (29/8/2024).

Pasangan Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan diusung oleh koalisi tiga partai politik yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Kita ini NKRI yang terdiri dari berbagai macam suku agama dan etnis, yang pada hari ini kami wakili masyarakat Melayu dan masyarakat Dayak juga masyarakat lainnya untuk membangun Kalbar yang kita cintai untuk lebih sejahtera dan lebih maju,” ujar Ria Norsan.

Norsan menambahkan dirinya dengan Krisantus Kurniawan dalam memutuskan segala kebijakan akan bersama-sama. Karena menurutnya gubernur dan wakil gubernur merupakan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, sehingga gubernur dan wakil gubernur harus terlibat bersama dalam memutuskan kebijakan.

“Kami tidak, hanya gubernur, tapi memutuskan segala sesuatu kebijakan itu tetap saya diskusikan bersama wagub. karena gubernur dan wagub adalah dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan,” tegas Norsan.

Dalam masa lima tahun pemerintahan Ria Norsan memastikan akan melakukan pembenahan dalam tata kelola pemerintahan. Hal itu menjadi fokus karena menurut Norsan tata kelola pemerintahan yang baik akan berdampak pada terwujudnya program-program pembangunan yang semakin baik.

“Terutama pembangunan infrastruktur kalbar yang kita lihat pada saat ini di pedalaman itu sangat menyedihkan,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh calon wakil Gubernur Kalbar Krisantus Kurniawan memastikan dirinya bersama Ria Norsan bakal kompak dalam menjalankan pemerintahan jika terpilih ke depan. Gubernur dan wakil gubernur menurut Krisantus Kurniawan merupakan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan.

“Saya yakin dan percaya kami akan menjadi pasangan yang harmonis yang seiya sekata yang mengayomi yang tentu merasakan yang dirasakan rakyat,” ungkap Krisantus Kurniawan.

Dalam menjalankan pemerintahan dirinya dengan Ria Norsan bakal saling mengisi terutama dalam memastikan pembangunan sampai ke pedalaman Kalbar. Krisantus memastikan ia sudah berkomunikasi yang baik dengan Ria Norsan agar bisa saling mengisi dalam menjalankan pemerintahan.

“Kami sebagai gubernur dan wakil gubernur sudah berkomunikasi berdua nanti siapa yang sempat daerah yang perlu ditinjau harus ditinjau, kami tidak hanya mendengar sekadar laporan tetapi kami melihat kondisi nyata di lapangan,” tegasnya.

Krisantus Kurniawan juga memastikan bakal menjalin hubungan yang baik antara eksekutif, legislatif dan yudikatif jika terpilih mendatang. Dirinya menilai lembaga-lembaga tersebut harus bekerjasama dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan di Provinsi Kalbar.

“Eksekutif tanpa legislatif juga tidak bisa, legislatif dan eksekutif harus menjadi lembaga yang harmonis dalam memimpin,” kata Krisantus.(ded/rac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *