Dialog Bersama Media, Kabid Humas Polda Kaltim Tekankan Pentingnya Peran Media dalam Pilkada

BONTANG โ€” Seusai melakukan lawatannya dari Kota Samarinda, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yuliyanto, S.I.K., M.Sc., didampingi staff Bidhumas Polda Kaltim melanjutkan kunjungannya menuju Polres Bontang.

Dalam kunjungan ke Polres Bontang kali ini, Kabid Humas yang disambut langsung oleh Kapolres Bontang AKBP Alex F.L.Tobing, S.I.K., menggelar kegiatan tatap muka dengan Awak Media yang ada di Kota Bontang dengan kegiatan bertajuk “Dialog Penguatan Kehumasan Polri” yang diadakan di ruang Rupatama Polres Bontang, Rabu (09/10/24) dikit Tribratanews.kaltim.polri.go.id.

Dialog ini juga diikuti jajaran personel Polres Bontang beserta Polsek jajaran, serta menghadirkan sejumlah wartawan lokal dan perwakilan media Kota Bontang, baik Media Elektronik, Cetak, maupun Online.

Kapolres Bontang dalam sambutannya mengatakan pentingnya peran jurnalistik dalam mendukung tugas kepolisian. Ia juga memperkenalkan Posko Media Bontang Presisi yang baru diresmikan, yang dilengkapi dengan Panel Data dan Mading untuk memudahkan para wartawan/jurnalis dalam mengakses informasi terkait kegiatan operasional Polres Bontang.

Dialog ini bertujuan memperkuat sinergi antara Polri dan media, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada 2024. Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Alex F.L. Tobing menekankan pentingnya peran Humas Polri dalam menyampaikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada masyarakat, khususnya mengenai keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada serentak 2024.

“Kehumasan kini menjadi bagian penting dalam mendukung tugas Polri, bukan lagi sekadar fungsi pendukung. Posko Media Bontang Presisi ini diharapkan menjadi pusat informasi yang akurat bagi rekan-rekan media,” ucap AKBP Alex.

Dalam hal ini, Kabid Humas Polda Kaltim memberikan apresiasi atas inisiatif Polres Bontang dalam memberikan informasi yang akurat kepada para awak media mengenai kegiatan-kegiatan ataupun publikasi keberhasilan Polres Bontang dengan membangun Posko Media Bontang Presisi. Menurutnya, media memiliki peran strategis dalam menjaga kepercayaan publik terhadap Polri, khususnya pada momen-momen penting seperti Pilkada untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif.

“Peran media dalam Pilkada 2024 sangat strategis. Kami berharap rekan-rekan media bisa membantu menjaga situasi tetap kondusif dengan membuat pemberitaan yang sejuk dan positif,โ€ tutur Kombes Pol Yuliyanto.

Ia juga mengingatkan kepada para jurnalis untuk selektif dalam memilih diksi dan mempertimbangkan dampak pemberitaan, khususnya terkait isu-isu Pilkada pada masa tahapan kampanye ini.

โ€œBerita yang kita buat harus mampu membangun semangat dan motivasi, serta menjaga stabilitas di tengah masyarakat,โ€ imbuhnya.

Melalui dialog ini, Kombes Pol Yuliyanto berharap media dapat menyajikan berita yang menyejukkan dan kondusif, sehingga Pilkada serentak 2024 di Kota Bontang khususnya di wilayah Prov.Kaltim secara keseluruhan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Humas Polda Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *